PEMBELAJARAN MEMBACA DAN PEMAHAMAN
Chrismeina Tulus
Astuti
A310120226
ABSTRAK
Makalah ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui
devinisi membaca pemahaman, 2. Mengetahui aspek-aspek membaca pemahaman, 3.
Mengetahui tujuan membaca pemahaman, 4. Mengetahui tingkat membaca pemahaman,
5. Mengetahui langkah-langkah membaca pemahaman, 6. Menjelaskan pelaksanaan
pembelajaran membaca pemahaman dengan strategi PQ4R, 7. Menjelaskan kelebihan
strategi PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman, 8. Menjelaskan kekurangan
strategi PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman. Membaca pemahaman adalah
membaca suatu bacaan, dapat menerjemahkan
bacaan tersebut agar lebih mudah dipahami serta dapat memahami ide pokok
dan dihubungkan dengan aplikasi dan konsekuensinya. Aspek-aspek pemahaman
meliputi: 1. Memahami pengertian sederhana, 2. Memahami signifikansi atau makna
(maksud dan tujuan pengarang relevansi / keadaan kebudayaan, reaksi), 3.
Evaluasi atau penilaian (isi, bentuk), 4. Kecepatan membaca yang fleksibel,
yang mudah disesuaikan dengan keadaan. Tujuan membaca pemahaman adalah untuk
memperoleh sukses dalam pemahaman penuh terhadap argumen-argumen yang logis,
urutan- urutan etoris atau pola-pola teks, pola-pola simbolis, nada-nada
tambahan yang bersifat emosional dan juga sarana-sarana linguistik yang dipergunakan
untuk mencapai tujuan. Empat tingkatan atau kategori pemahaman membaca: 1. Pemahaman
literal adalah kemampuan memahami informasi yang dinyatakan secara eksplisit
dalam teks, 2. Pemahaman inferansial adalah kemampuan memahami informasi yang
dinyatakan secara tidak langsung (tersirat) dalam teks, 3. Pemahaman kritis
merupakan kemampuan mengevaluasi materi teks. Berikut langkah-langkah membaca
pemahaman: 1. Membentuk tujuan membaca, 2. Preview artinya membaca selayang
pandang, 3. Membaca secara keseluruhan, 4. Mengemukakan kembali isi bacaan. Kegiatan
membaca PQ4R meliputi Priview, Question, Read, Reflek, Recite, Review. Kelebihan
membaca PQ4R adalah sangat tepat digunakan dalam pembelajaran, dapat membantu
daya ingat, mudah diterapkan pada semua jenjang pendidikan, dan dapat
menjangkau meteri pembelajaran. Sedangkan kekurangannya adalah tidak tepat
diterapkan pada pengajaran pengetahuan yang bersifat prosedural, tidak bisa dilaksanakan
tanpa sarana buku, dan tidak efektif pada kelas yang telalu besar jumlah siswanya.
Kata kunci: Membaca, Membaca Pemahaman dan PQ4R
0 komentar:
Posting Komentar